KURSUS ORGAN GEREJA JARAK JAUH 

(KOGJJ) 2013-2014

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Belajar interaktif

 

Bersemangat bersama kawan-kawan baru

 

 

Latihan penjiwaan lagu

 

 

 

 

 

 

 

Gereja Indonesia maju: makin banyak gereja dilengkapi dengan organ yang canggih. Namun masalahnya tenaga untuk memakai organ dengan baik belum banyak. Main-main dengan memakai sarana seperti otomat / ritem memang tidak sulit, namun belum tentu sesuai dengan umat yang hadir dan ingin berdoa, sebenarnya juga kurang sesuai dengan feeling organis sendiri yang makin tidak puas dengan permainan seperti ini. 

Mungkin Anda ingin belajar main organ dengan baik, namun tidak ada guru di tempat tinggal Anda yang terpencil, atau tugas pokok Anda tidak mengizinkan untuk secara organ?

Ada jalan keluar: Kursus Organ Gereja Jarak Jauh yang sejak tahun 1995 diselenggarakan oleh Pusat Musik Liturgi di  Yogyakarta untuk membantu para peminat dalam belajar main organ dengan baik - meski tempatnya jauh dari guru.

Metode pendidikan

Caranya mirip dengan UT (Universitas Terbuka): Anda mendapat sarana pelajaran berupa buku dan rekaman DVD. Anda ditugaskan untuk melatih dan merekam lagu, mengerjakan PR, mengirim hasilnya ke Yogya tiap bulan. Anda akan menerima tanggapan dan pentunjuk dari guru di Yogya. Anda dapat pula mengajukan pertanyaan Anda lewat SMS, email, fax, telpon bahkan lewat internet (facebook) dan dengan demikian akan mendapat bimbingan dari jauh. 

Namun meski Anda tinggal jauh dari Yogya dan dibimbing dari jauh, namun sekali setahun Anda diwajibkan datang ke Yogya untuk mengikuti penataran intensif selama satu minggu lihat di bawah.

Kunci keberhasilan kursus ini adalah latihan organ sendiri 3-4 jam seminggu; artinya diperlukan organ atau keyboard di gereja atau di rumah Anda.

Menurut pengalaman Pusat Musik Liturgi dalam mendidik organis gereja sejak tahun 1971, not balok merupakan suatu keharusan. Namun ternyata ilmu asing ini dapat dikuasai dalam waktu beberapa bulan saja dengan didaktik modern - lihat buku Menjadi Organis I terbitan Pusat Musik Liturgi.

Waktu pendidikan

Belajar organ dengan baik membutuhkan waktu 2-3 tahun; dan secara khusus para siswa KOGJJ diharuskan mengikuti pentaran intensif di Yogyakarta pada waktu libur tgl 10  s/d 17 Agustus 2014 (lihat di bawah). KOGJJ ini berlangsung dalam waktu tiga tahun atau dalam tiga tingkat: 

Tingkat dasar dari taraf nol (tanpa pengetahuan dan tanpa ketrampilan apapun). Tujuan: Belajar not balok dan melatih ketrampilan tangan, ditambah dengan pelajaran teori musik (not balok).

Tingkat lanjutan (dengan pengetahuan not balok dan ketrampilan dasar). Tujuan: Belajar main bas kaki, mengiringi nyanyian dan membuat iringan berdasarkan pelajaran ilmu harmoni.

Tingkat kemahiran (hanya untuk siswa yang telah lulus tingkat lanjutan) adalah fakultatif. Tujuan: Memperdalam pengalaman mengiringi ibadat umat di gereja (yang dievaluasi berdasarkan rekaman), belajar main lagu instrumental serta menyusun iringan lagu inkulturatif.

Tahun ajaran KOGJJ berlangsung dari awal bulan Oktober 2013 dan berakhir dengan Penataran dan ujian tanggal 10 s/d 17 Agustusi 2014 di Pusat Musik Liturgi Yogyakarta. Penataran ini adalah acara wajib untuk semua siswa KOGJJ. Akomodasi di Yogya disediakan oleh PML (tanpa biaya tambahan apapun). Dalam penataran ini Anda tidak hanya mendapat bimbingan intensif secara perorangan dari seorang guru organ, tetapi akan mendapat pelajaran juga mengenai teori musik (tingkat dasar), ilmu harmoni (tingkat II),  iringan lagu khas Indonesia mis. Jawa (tingkat III) serta liturgi dan penjiwaan musik (untuk semua tingkat). Telinga Anda akan dilatih dengan latihan pendengaran / solfes.

Penataran ini merupakan kesempatan emas untuk mengalami bagaimana musik gereja jadi baik dan benar, untuk bertukar pengalaman dengan para guru dan siswa-siswi KOGJJ yang lain. 

 Syarat-syarat

a.  Agama Kristen Katolik atau Kristen lain.

b.   Berniat untuk menjadi pengiring nyanyian dalam ibadat; hal ini harus dibuktikan dengan surat pernyataan dari Romo Paroki atau Pemimpin Rohani setempat.

c.   Berumur antara 16 sampai dengan 40 tahun (untuk kursus dasar); tanpa batas umur ke atas untuk tingkat lanjutan.

d.   Mempunyai kesempatan untuk mengadakan latihan organ dan sanggup berlatih empat kali dalam satu minggu.

e.   Lulus dalam seleksi calon.

f.    Bersedia mengerjakan PR bulanan dan mengirimkannya ke Yogya lewat email / fax / pos.

g.   Bersedia merekam lagu tertentu sebagai bukti hasil latihan dan mengirimkannya ke Yogya menjelang akhir Desember 2013 dan akhir Maret 2014 mis. dalam bentuk file mp3.

h.   Sanggup mengikuti penataran di Yogyakarta pada tgl. 10 s/ 17 Agustus 2014 dari awal sampai akhir; sanggup selama penataran tinggal dalam asrama PML; sanggup mengikuti ujian kenaikan tingkat. 

i.   Calon siswa yang sudah menguasai not balok dapat langsung masuk tingkat II. Untuk itu harus direkam lagu tertentu dari Menjadi Organis I (ditentukan oleh sekretariat KOGJJ) dan kemudian rekaman tersebut dikirim ke Sekretariat KOGJJ lewat email paling lambat tgl. 31 Agustus 2013 misalnya dalam bentuk file mp3.  

 Biaya

Kursus ini tidak bersifat komersial tetapi sosial. Kursus ini hidup dari semangat para guru / pelatih yang semua aktif juga dalam bidang musik Gereja di tempat masing-masing. Para siswa pun dididik untuk mengikuti semangat ini. Maka Kursus Musik Gereja ini sekaligus merupakan tempat pelajaran musik dan latihan disiplin, namun juga kesempatan untuk bertukar pengalaman dengan teman yang mengabdi kepada Gereja di lain tempat.

a.   Untuk bahan pelajaran, ongkos kirim korespondensi serta biaya penataran di Yogya bulan Agustus 2014 harus dibayar Rp. 1.350.000.- Masih ditambah dengan biaya lengganan majalah WARTA MUSIK sebanyak Rp 80,000. Bila Anda belum berlangganan Majalah WARTA MUSIK maka harus dibayar Rp 1,430,000.

b.   Seluruh biaya ini harus dilunasi sebelum awal tahun pelajaran.

c.   Jika siswa mengundurkan diri dengan alasan apapun biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat diminta kembali.

 Cara Pendaftaran

Bila Anda berminat untuk mengikuti Kursus Organ Gereja Jarak Jauh, hubungilah:

  Pusat Musik Liturgi bagian Sekretariat KOGJJ

Anda akan dikirim suatu kuestioner yang harus diisi dan dikembalikan paling lambat tgl. 31 Agustus 2013. Bila jumlah peminat melampaui batas, PML berhak untuk mengadakan seleksi. Bila Anda diterima maka Anda diharap mendaftarkan diri kembali dengan membayar biaya KOGJJ (Rp 1.430.000,-) paling lambat tgl. 15 September 2013. Sesudah itu PML akan mengirim paket bahan pelajaran kepada Anda. KOGJJ akan dimulai tgl. 1 Oktober 2013.

Sekretariat KOGJJ 

Jl. Ahmad Jazuli 2  

Yogyakarta 55224  

Telpon: 0274 566 695 

FAX: 2074 541 641  

E-mail:  info@pml-yk.org atau kogjj@pml-yk.org

Anda dapat download kuestioner yang harus diisi dan dikembalikan paling lambat tgl. 31 Agustus 2013. Bila jumlah peminat melampaui batas, PML berhak untuk mengadakan seleksi. Bila Anda diterima maka Anda diharap mendaftarkan diri kembali dengan membayar biaya KOGJJ (Rp 1.430.000,-) paling lambat tgl. 16 September 2013. Sesudah itu PML akan mengirim paket bahan pelajaran kepada Anda. KOGJJ akan dimulai tgl. 1 Oktober 2013.

Kuestioner dapat didownload di sini

 

Kembali ke halaman utama